top of page
  • Gambar penulisquadrasinergi

Job Crafting untuk Mengatasi Kejenuhan dalam Bekerja

Oleh : Dian Lestari M. Psi., Psikolog


Setiap orang tentu memiliki pendapat tersendiri tentang pekerjaan yang ideal bagi mereka. Namun dalam realitanya, seperti apa perasaan Anda terhadap pekerjaan yang Anda jalani sehari-hari?


Seiring berjalannya hari kerja, tak jarang pekerja dilanda kejenuhan karena pekerjaan terasa monoton dan repetitif. Bila ini yang Anda rasakan, Anda bisa coba lakukan job crafting.


Job crafting adalah cara menyelaraskan nilai-nilai pekerjaan atau work value dengan tanggung jawab yang kita miliki agar pekerjaan kita menjadi lebih bermakna dalam berbagai aspek. Dalam bahasa sederhana, job crafting adalah mendesain ulang pekerjaan kita dengan melakukan beberapa penyesuaian dalam cara kita menjalankan tugas sesuai dengan kesukaan atau keahlian kita sehingga pekerjaan terasa lebih memnyenangkan dan bermakna juga ‘memukau’ atasan Anda. Pada kenyataannya cukup banyak pekerjaan yang cukup fleksibel untuk diubah cara kerjanya hingga batas tertentu yang bahkan tidak perlu menunggu waktu atau persetujuan pimpinan Anda untuk dilakukan.


Jenis-jenis job crafting dan cara melakukannya adalah sebagai berikut:


1. Relationship crafting


Crafting pekerjaan yang dilakukan dengan cara mengubah dengan siapa atau cara Anda menjalin relasi dan komunikasi dengan orang lain dalam melakukan tugas kerja Anda. Membangun hubungan yang lebih positif dan bermakna dengan rekan kerja atau anggota tim. Bila biasanya hanya berinteraksi di tempat kerja dan membicarakan sebatas pekerjaan saja, bisa dicoba membicarakan hal lainnya di luar topik pekerjaan, datang lebih awal saat akan rapat agar ada waktu untuk bertukar kabar dengan rekan kerja atau mengadakan acara kumpul bersama di luar waktu kerja. Bila biasanya cenderung individual dalam bekerja, bisa mencoba lebih banyak berinteraksi atau membantu rekan kerja.


2. Task crafting


Crafting yang dilakukan dengan mengubah tipe, scope, urutan dan jumlah tugas dalam melakukan pekerjaan Anda. Contohnya seperti mengupayakan otomasi untuk tugas yang dilakukan berulang atau repetitif, eksplorasi aspek-aspek yang paling Anda sukai dari pekerjaan Anda dan menambah melakukan tugas yang kita sukai yang tidak biasanya kita lakukan selama ini, menggunakan pendekatan atau cara lain dalam menyelesaikan tugas.


3. Cognitive crafting


Penyesuaian pekerjaan dengan cara mengubah cara kita memaknai tugas atau pekerjaan yang kita lakukan. Coba ubah cara berpikir Anda tentang pekerjaan Anda. Temukan makna dan nilai lebih dari pekerjaan yang Anda lakukan termasuk manfaat atau dampak positif yang didapatkan orang lain dari apa yang Anda kerjakan. Bahasakan pekerjaan Anda dengan bahasa yang lebih positif. Contohnya seorang cleaning service yang biasanya memandang pekerjaannya hanya sebagai tugas rutin membersihkan lingkungan klinik, ia mengubah cara memandang pekerjaannya sebagai bagian dari proses penyembuhan pasien, dimana ia memegang peranan yang penting dalam proses penyembuhan pasien dengan menyiapkan lingkungan yang bersih, aman dan nyaman untuk pasien-pasien yang berobat.


Dengan melakukan job crafting, Anda mengambil langkah proaktif menciptakan pekerjaan ideal dan kesuksesan Anda.


Sumber:



19 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page